menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa
Rubrik : Artikel
Konsep Perubahan UU Kepolisian Versi Kompolnas Tanggal 26 Februari 2014.
2014-03-04 20:36:04 - by : zulu

Konsep Perubahan UU Kepolisian Versi Kompolnas Tanggal 26 Februari 2014.


Oleh : Zulkarnain.


Pada hari Rabu, 26 Februari 2014 Badan Legislasi Nasional (Balegnas) DPR R.I mengundang Polri dan Kompolnas untuk meminta masukan tentang rencana Balegnas untuk melakukan perubahan atas Undang-undang No. 2 Tahun 2002 Tentang Polri. 


Pada proses audiensi atau pertemuan antara Kapolri dan Balegnas DPR R.I yang dipimpin oleh Ketua Panitia Kerja Perubahan atas UU No. 2/ 2002 tentang Polri Bapak Sunardi Ayuf, Kapolri menyampaikan beberapa penjelasan tentang arahan atau keinginan Polri atas perubahan UU No. 2/ 2002 tentang Polri tersebut. Diantaranya Kapolri menyampaikan bahwa perubahan adalah sesuatu keniscayaan dan karena itu tentu Polri menerima perubahan tersebut untuk perbaikan lembaga Polri itu sendiri.


Setelah pertemuan antara Kapolri dengan Balegnas DPR R.I tersebut, kemudian dilanjutkan di sore harinya pertemuan antara Balegnas dengan pihak Kompolnas. Dalam pertemuan tersebut terasa seakan Kompolnas mendapat tempat yang cukup baik dalam rangka ingin "membesarkan" atau "memperkuat" Kompolnas dengan mengganti nama "Lembaga Kepolisian Nasional" atau LKN. 


Di bawah ini kami masukkan konsep perubahan yang diajukan oleh Kompolnas oleh seluruh anggota Kompolnas. Tentu saja kemungkinan perubahan kedepan atas perubahan yang diajukan sangat memungkinkan sekali sesuai dengan perkembangan situasi. 


Sesungguhnya Polri juga sudah memiliki konsep awal atas perubahan dimaksud, tetapi belum dapat dimasukkan karena masih dalam proses diskusi lebih lanjut.


Semoga saja keinginan merubah UU No. 2/ 2002 tentang Polri ini akan semakin membuat lembaga Polri semakin baik sesuai dengan harapan masyarakat dengan semakin mengangkat "marwah" dari pada polisi itu sendiri. Polisi akan semakin kembali kepada jatidirinya sebagai bhayangkara negara mewujudkan negara yang tata tentrem kerta raharja, polisi yang rahmatan lil alamin.


Di bawah ini kami lampirkan konsep perbahan atas UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang diajukan oleh Kompolnas pada tanggal 26 Februari 2014.


 

menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa : http://polisiku.net
Versi Online : http://polisiku.net/article/98/konsep-perubahan-uu-kepolisian-versi-kompolnas-tanggal-26-februari-2014.html