menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa
Rubrik : Artikel
Rezim Anti Pencucian Uang Bagi Pihak Pelapor.
2013-08-07 10:40:45 - by : zulu

Sesuatu yang sangat penting dalam aktivitas Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (PP TPPU) atau Money Loundry dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme atau Counter Finance Terorism adalah peran dari pihak pelapor untuk menyampaikan laporannya kepada PPATK (pasal 1 angka 11 UU TPPU No. 8 Tahun 2010). Pihak pelapor ini lebih lanjut diatur dalam pasal 17 UU TPPU tersebut yang secara garis besar dibedakan yaitu Penyedia Jasa Keuangan atau PJK baik bank dan non bank serta Penyedia Barang dan/ atau Jasa lainnya (PBJ).


Pihak Pelapor ini haruslah menerapkan prinsif kehati-hatian atau prudent pada pengguna jasa atau customer mereka yang dikenal dengan Know Your Customer (KYC) atau Prinsif Mengenal Pengguna Jasa (PMPJ)


Di bawah ini akan diuraikan modul pembelajaran yang diedit kembali dari beberapa sumber di PPATK maupun modul e-learning sebagai upaya mensosialisasikan dan keikut sertaan kita bersama dalam mencegah dan memberantas baik tindak pidana pencucian uang maupun pendanaan terorisme. Jika membutuhkan materi ini silahkan KLIK Di SINI. Semoga bermamfaat.


Zulkarnain, dipekerjakan di PPATK.


 

menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa : http://polisiku.net
Versi Online : http://polisiku.net/article/97/rezim-anti-pencucian-uang-bagi-pihak-pelapor.html