menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa
Rubrik : Artikel
Memantapkan Kesiapan Indonesia Dibidang Ekonomi Guna Menyongsong Komunitas ASEAN 2015 Dalam Rangka K
2012-10-04 19:53:52 - by : zulu

Memantapkan Kesiapan Indonesia Dibidang Ekonomi Guna Menyongsong Komunitas ASEAN 2015 Dalam Rangka Ketahanan Nasional.

Oleh : Zulkarnain Adinegara.


Pada tahun 2003 dalam KTT ASEAN ke sembilan, hubungan ASEAN akan lebih dipererat yang dituangkan dalam "Bali Concord II", dimana kerjasama antar negara ASEAN dipererat pada tingkat integrasi ASEAN melalui ASEAN Community. Perwujudan ASEAN Community ini sebenarnya tahun 2020 yang akan datang, tetapi dalam perkembangannya dipercepat 5 tahun yaitu pada tahun 2015 ini. Dalam mewujudkan ASEAN Community ini ada tiga pilar utama, yaitu pilar pertama politik-keamanan dengan menciptakan ASEAN Political Security Community (APSC), pilar kedua ekonomi dengan upaya menciptakan ASEAN Economic Community (AEC) dan pilar ketiga sosial-budaya dengan upaya mewujudkan ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC). Pada pilar ekonomi ada 4 hal pokok yang harus diantisipasi dengan kesiapan yang optimal dari masing-masing negara anggota. Empat hal pokok tersebut adalah, pertama a single market and production base (sebuah pasar tunggal dan basis produksi), kedua a higly competitive economic region (sebuah kawasan ekonomi dengan semangat kompetisi yang tinggi), ketiga a region of equitable economic development (kawasan pembangunan ekonomi yang setara) dan ke-empat  a region fully integrated into the global economy (sebuah kawasan yang terintegrasi kedalam ekonomi global)

Untuk lebih lanjut bagaimana kesiapan Indonesia Dalam Menyongsong ASEAN Community 2015 sebagai bahan diskusi silahkan diklik disini.


 

menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa : http://polisiku.net
Versi Online : http://polisiku.net/article/91/memantapkan-kesiapan-indonesia-dibidang-ekonomi-guna-menyongsong-komunitas-asean-2015-dalam-rangka-k.html