menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa
Rubrik : Artikel
Pengawasan Penyidikan Tindak Pidana
2014-11-02 07:28:30 - by : zulu

Pengawasan Penyidikan Tindak Pidana di Lingkungan Polri.


Oleh : Zulkarnain Adinegara


Sebagai sebuah kelanjutan dari dikeluarkannya Peraturan Kapolri No. 14 Tahun 2012 Tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana tertanggal 5 Juli 2012, Kepala Bareskrim Polri mengeluarkan Peraturan Kabareskrim Polri yang sifatnya lebih detail atau menjabarkan dari langkah-langkah manajemen penyidikan terseut. Setidaknya ada empat Peraturan Kabareskrim Polri (Perkaba) yang bersifat menjabarkan Peraturan Kapolri No. 14 Tahun 2012 tadi, yaitu Perkaba No. 1 Tahun 2014 Tentang Perencanaan Penyidikan, Perkaba No. 2 Tahun 2014 Tentang Pengorganisasian, Perkaba No. 3 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan dan Perkaba No. 4 Tahun 2014 Tentang Pengawasan Penyidikan Tindak Pidana.


Penulis saat ini secara kebetulan Kepala Biro Pengawasan Penyidikan Bareskrim Polri karena itu pada kesempatan ini kami share Perkaba No. 4 Tahun 2014 Tentang Pengawasan Penyidikan Tindak Pidana. Metode pengawasan penyidikan setidaknya ada empat cara yaitu assistensi, supervisi, gelar perkara dan pemeriksaan pendahuluan.


Untuk lebih detail silahkan di uploud disini jika membutuhkan Perkaba No. 4 Tahun 2014 dan jika juga ada pendapat serta saran baik dalam implementasi dan guna penyempurnaan sebuah peraturan silahkan dikirimkan kepada email kami zuluadinegara@gmail.com atau zulkarnain@polri.go.id


 


Zulkarnain Adinegara.


Membangun Polisi yang rahmatan lil alamin dan membangun Indonesia yang merdeka dari korupsi. 

menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa : http://polisiku.net
Versi Online : http://polisiku.net/article/101/pengawasan-penyidikan-tindak-pidana.html