menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa
Rubrik : Artikel
Manajemen Penyidikan Tindak Pidana
2014-11-02 07:28:30 - by : zulu

Manajemen Penyidikan Tindak Pidana di Lingkungan Polri.


Oleh : Zulkarnain Adinegara


Mungkin banyak masyarakat atau bahkan anggota Polri sendiri belum mengetahui bahwa Polri telah memiliki manajemen penyidikan tindak pidana dengan dikeluarkannya Peraturan Kapolri No. 14 Tahun 2012 tertanggal 5 Juli 2012. Dengan adanya Peraturan Kapolri ini bukanlah berarti bahwa selama ini atas penyidikan tindak pidana di lingkungan Polri belum memiliki manajemen. Selama ini yang berlaku atas manajemen penyidikan tindak pidana terakomodir dalam Petunjuk Pelaksana (Juklak) Penyidikan Tindak Pidana dan Juklak Reserse serta Petunjuk Tehnis (Juknis) Reserse.


Sebagaimana sebuah manajemen maka dalam Manajemen Penyidikan Tindak Pidana ini memuat langkah-langkah manajemen pada umumnya, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan pengendalian. Sebagaimana juga sebuah manajemen suatu penyidikan tindak pidana, maka manajemen ini juga tentu berlaku secara lebih umum atau universal bagi siapa-siapa yang memiliki kewenangan penyidikan suatu tindak pidana atau membuat terang suatu peristiwa pidana untuk kemudian dapat masuk dalam ranah Criminal Justice System atau Sistem Peradilan Pidana di Indonesia. Artinya Manajemen Penyidikan Tindak Pidana ini haruslah dipedomani oleh para Penyidik tidak hanya penyidik di lingkungan Polri tetapi juga Penyidik Penagawai Negeri SIpil (PPNS) yang saat ini sudah cukup banyak Institusi atau Lembaga yang oleh UU diberikan kewenangan Penyidikan secara terbatas dalam undang-undang tertentu.


Semoga Peraturan Kapolri No. 14 Tahun 2012 Tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana yang juga sudah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM ini dapat bermamfaat dan betul-betul dijadikan pegangan secara manajemen oleh para penyidik di Indonesia.


Silahkan di uploud disini jika membutuhkan dan jika juga ada pendapat serta saran baik dalam implementasi dan guna penyempurnaan sebuah peraturan silahkan dikirimkan kepada email kami zuluadinegara@gmail.com atau zulkarnain@polri.go.id


 


Zulkarnain Adinegara.

menjadi polisi yang beriman dan bertaqwa : http://polisiku.net
Versi Online : http://polisiku.net/article/100/manajemen-penyidikan-tindak-pidana.html